RSS

The First Detective in The World

Allan Pinkerton

allan pinkerton Terlahir dari pasangan “William Pinkerton” dan istrinya “Issabel” di Glaslow, Skotlandia tanggal 25 Agustus 1819 . Allan kehilangan ayahnya saat berusia delapan tahun dan harus keluar dari sekolah untuk membantu Ibunya bekerja. Saat berusia 23 dia menikah dengan “Joan Carfrae” (penyanyi) secara rahasia sebelum bermigrasi ke Amerika.

Di Chicago (1849), Allan berhasil menjadi membantu polisi menangkap suatu kelompok kriminal. Beliau lalu diangkat sebagai wakil sherif di daerah Kane County, Illionis dan di Cook County. Tahun 1850, ia mendirikan biro detektif yang dia sebut sebagai Pinkerton National Detective Agency yang masih aktif hingga sekarang (namanya telah diganti). Allan menggunakan logo grafis mata yang menatap tajam (terinspirasi dengan istilah “Private Eye”). Slogan yang dia berikan pada logo tersebut adalah, “We never sleep” (kami tidak pernah tidur).

Biro ini telah membuktikan kemampuannya. Selama tahun 1850. Pinkerton Agency telah berhasil memecahkan kasus permpokan kereta. Dan pada tahun 1861, dia berhasil mengungkap skenario rencana pembunuhan terhadap presiden Abraham Lincoln. Bersamaan dengan meledaknya perang sipil, Allan masuk dalam barisan US Secret Service (atas permintaan Presiden Lincoln) dan menjadi pemimpin pasukan tersebut. Dalam barisan ini, Allan dan anak buahnya berhasil menggagalkan rencana pasukan Konfederasi untuk membebaskan sekitar 8000 tawanan perang, di Camp Douglas bagian selatan.Untuk memprioritaskan pekerjaannya, dia menciptakan beberapa tekhnik investigasi yang masih digunakan hingga sekarang. “Shadowing” (mengintai tersangka) dan “assuming a role” (bekerja secara rahasia).

Bersama dua anaknya, (William dan Robert) Allan membuka beberapa cabang biro detektif di beberapa kota. Tahun 1870. mereka berambisi untuk menangkap beberapa geng kriminal. Hal itu membuatnya terlibat dalam permusuhan dengan geng “Jesse James”. Citra Allan rusak ketika pada tahun 1875 beberapa agennya membakar rumah orang tua Jesse dan menyebabkan lengan Ibunya terbakar.

Selama bertahun-tahun, Allan sering Disewa beberapa perusahaan guna engatasi masalh kriminal. Beliau memiliki banyak gagasan, termasuk menyusun arsip kriminal yang ia tangani dan beliau beri nama “Galeri Anak Nakal”. Sistem ini kemudian dipakai oleh FBI.

Setelah sekian lama, Allan pensiun dan pergi ke Chicago. Allan punya kebiasaan menggigit lidahnya sendiri. Dia tidak merasakan apa-apa sampai akhirnya, lidahnya mengalami infeksi. Hal itulah yang membuat detektif legendaris tersebut meninggal pada tanggal 1 Juli 1884 di usia 65 tahun. Beliau dimakamkan di pemakaman Graceland, Chicago, sebagai pencatat recor inteligen militer.

Writings

Allan Pinkerton menulis beberapa seri buku detektif yang populer, berdasar dari pengalaman hidup serta agen-agennya. Beberapa telah dipublikasikan setelah Beliau meninggal. Yang paling bersejarah adalah percaya bahwa Allan Pinkerton menjadi seorang hantu penulis. Dalam bukunya, Allan tidak pernah melibatkan namanya sebagai tokoh dalam buku tersebut. Dibawah ini, bisa anda lihat bebrapa karya dari Allan Pinkerton, yaitu

  • Allan Pinkerton’s Unpublished Story of the First Attempt on the Life of Abraham Lincoln (1866)

  • History and Evidence of the Passage of Abraham Lincoln from Harrisburg, Pa., to Washington, D.C., on the Twenty-second and Twenty-third of February, 1861 (1868)

  • The Expressman and the Detective (1874)

  • Claude Melnotte as a Detective, and Other Stories (1875)

  • The Detective and the Somnambulist; The Murderer and the Fortune Teller (1875)

  • Claude Melnotte as a Detective (1875)

  • The Mollie Maguires and the Detectives (1877)

  • Strikers, Communists, Tramps and Detectives (1878)

  • Mississippi Outlaws and the Detectives; Don Pedro and the Detectives; Poisoner and the Detectives (1879)

  • Criminal Reminiscences and Detective Sketches (1879)

  • Bucholz and the Detectives (1880)

  • The Spy of the Rebellion (1884)

  • A Double Life and the Detectives (1885)

  • The Railroad Forger and the Detectives (1886)

  • A Life for a Life; or, The Detective’s Triumph (1886)

  • Professional Thieves and the Detectives (188?)

  • Cornered at Last: A Detective Story (1892)

  • Thirty Years a Detective (1900)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
KomuniKata

Materi Kuliah Ilmu Komunikasi

Hobby Buku's Classic

manusia hanya mampu mencari kebenaran, bukan menentukannya

%d blogger menyukai ini: