RSS

Gosick

08 Okt

Setelah sebelumnya saya mengulas tentang “Nougami Neuro”, serial “Shonen Mistery” yang penuh aksi. kini saya bakal mengulas serial  “Shojou mistery” yang penuh drama.

Here you go..

Gosick

GosickS_vol1_cover

cover novel ringan Gosick S

 

Gosick (pelesetan dari kata “Gothic”) ialah serial karya Kazuki Sakuraba sensei. Gosick muncul pertama kali di Jepang pada Desember 2003 dalam format novel ringan yang dipublikasikan oleh Fujimi Shobo. (diilustrasikan oleh Hinata Takeda ). Novelnya sendiri terdiri dari 9 series novel dengan judul “Gosick”, dan empat koleksi cerita pendek yang berjudul GosickS“ (tambahan huruf capital ‘S’ di akhir kata)

Tokyopop bahkan telah merilis novel pertamanya dalam bahasa inggris pada April 2008, dan yang kedua pada Maret 2010.

Adaptasi novelnya dalam bentuk manga mulai diserialisasikan di Shounen Manga Magazine Monthly Dragon Age pada desember 2007. Novel ini juga diserialisasikan dalam bentuk anime oleh Bones anime studio mulai Januari 2011. Anime yang terdiri dari 24 episode ini, oleh Crunchyroll ditayangkan animasinya dalam penyiaran Jepang hingga ke ranah Web.

Plot.

270px-Gosick_Manga_V01_cover

Cover Manga vol 1

Kisah ini mengambil setting tempat di Negara fiksional di Eropa (yang menggunakan bahasa Prancis). Wilayahnya membentang antara Swiss melalui Alpen antara Perancis dan Italia, ke Laut Mediterania. Negara itu disebut dengan “Sauville” (dalam adaptasi animenya disebut dengan “Saubure”).

Kazuya Kujo adalah putra ketiga dari petugas tingkat tinggi dari Tentara Kekaisaran Jepang. Kujo menjadi murid pindahan di St. Marguerite Academy Sauville sebagai bagian dari bentuk persahabatan antar Negara. St. Marguerite Academy sendiri ialah pusat kisah legenda urban dan kisah horror berkumpul. Karena rambut dan mata hitam ala asianya, Kujo dijuluki sebagai Haru-Kitaru Shinigami  atau pencabut nyawa yang datang di musim semi (kebetulan dia juga tiba di Sauville saat musim semi). Kujo akhirnya dijauhi oleh teman-teman sekoleganya.

Karena guru kelas Kujo “Cecile sensei” menyuruhnya membaca buku-buku horror sebagai bahan obrolan untuk mendapat teman, Kujo pergi ke menara di sekolah yang juga menjasi perpustakaan. Dipuncak perpustakaanlah dia bertemu gadis mungil (yang hampir tidak ada bedanya dengan boneka bisque) bernama Viqtorique De Bloise. Viqtorique adalah gadis jenius sekaligus misterius yang tidak pernah masuk kelas. Dia menghabiskan waktunya membaca seluruh isi perpustakaan atau memecahkan misteri yang bahakan tidak bisa dipecahkan oleh seorang detektif.

Serial gosick terpusat pada kisah petualangan dimana Kujo dan Victorique terlibat (atau bisa dibilang melibatkan diri) pada kasus misteri kriminal yang terjadi di Sauville. Peran utama Victorique sebagai gadis detektif yang brilian namun lemah, dan keberadaan Kujo sebagai sahabat baik sekaligus pelindungnya. Dalam petualangan mereka, tidak jarang mereka harus berhubungan dengan berbagai tokoh. Seperti detektif  bodoh bernama Grevil de Blois dengan gaya rambutnya yang mirip bor, gadis cantik bernama Avril Bradley yang terobsesi dengan kisah-kisah horror, serta pesulap berambut merah yang bernama Brian Roscoe yang juga menjadi kunci keberadaan ibu dari Victorique.

My Mind

episode 5 against phantom thief kuiaran

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ini adalah kisah misteri yang cukup penuh dengan drama. Ceritanya diutamakan pada kisah persahabatan kuat antara Kujo dan Victorique. Ya.. bisa dibayangkan hubungan persahabatan yang  tidak mau dipisahkan antara yang satu dengan yang lain.

Namun yang membuat serial ini sangat  menarik menurut saya, adalah misteri-misteri bersifat okultisme (kisah-kisah horor) yang dapat dipecahkan dan dijabarkan secara logika. Banyak misteri yang dianggap sebagai hal yang mustahil dilakukan (bahkan sudah menjadi misteri yang melegenda) namun ternyata mudah untuk ditafsirkan dan dicerna.

Saya pertama kali menonton serial ini dalam versi anime. Terus terang, dengan tampilan desain karakter yang cukup imut, awalnya saya tidak begitu berkesan untuk mengikuti serialnya. Namun Hinata Takeda tetap menggambarkan bagian misterinya secara cukup nyata, seperti bagian kondisi kematian korban serta petunjuk-petunjuk yang dibeberkan ke pemirsa.

Selain itu, walaupun setting tempatnya dibuat fiktif, kisah ini tetap mengaitkan sejarah nyata. seperti insiden Pembunuh pangeran Austria di Sarajevo dan perang dunia pertama. Cukup menarik jika kita bisa mengetahui bagian dari sejarah dunia dari serial anime.

Salah satu genre dari serial ini adalah drama historical, namun kisah misteri yang sangat menarik cukup membuat banyak klise dramatis berkurang. Sehingga, serial ini saya rekomendasikan sebagai serial misteri drama yang patut dikagumi penggemar misteri.

 

source:

http://gosick.wikia.com/wiki/Gosick_Wiki

http://en.wikipedia.org/wiki/Gosick

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 8, 2013 in Someone on Anime and Manga

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
KomuniKata

Materi Kuliah Ilmu Komunikasi

Hobby Buku's Classic

manusia hanya mampu mencari kebenaran, bukan menentukannya

%d blogger menyukai ini: