RSS

Majin Tantei Nougami Neuro

23 Sep

Mendahulukan Sherlock TV series sebelum lupa untuk di ulas..

Kini kembali ke “Someone on Anime and Manga”,  setelah mengurak-arik dunia maya (terkesan kayak telur diurak-arik). Baru saja menemukan kisah misteri yang menarik yang bisa direkomendasikan pada penggemar kisah detektif. Manga ini mencampurkan kisah detektif,  supernatural fantasy, dan action story.

Here you go..

Majin Tantei Nougami Neuro

Majin_Tantei_Ngami_Neuro_Volume_1

Cover volume 1 Majin Tantei Nougami Neuro

Majin Tantei Nougami Neuro (“Demon Detective Neuro Nōgami”) adalah serial detektif supernatural karya Yusei Matsui sensei. Manga ini muncul di Weekly Shonen Jump sejak Februari 2005 hingga 2009. Manganya terdiri dari 202 chapter sedangkan Animenya terdiri dari 25 episode. Anime yang diarahkan oleh Hiroshi Kojina dan diproduksi oleh Madhouse ini mulai tayang di Jepang sejak 2 Oktober 2007 hingga 25 Maret 2008 (karena itu design animasinya agak terlihat jadul).

Majin Tantei Nougami Neuro juga muncul dalam beberapa format seperti Novel ringan, Audio Album Original Soundtrack, dan dua video game (PS2 dan Nintendo DS)

Di Jepang, Manga-nya sangat populer dan sering masuk ke daftar 10 penjualan manga terbanyak dalam seminggu. Manga-nya sudah terjual lebih dari empat juta volume hingga bulan april 2009.

Sayangnya, anime-nya punya nasib yang cukup berbeda. Walaupun manganya sangat populer di Jepang, Anime-nya justru cukup sering di kritik oleh fans. Para fans menyatakan bahwa Anime-nya justru lebih singkat dan lebih kekurangan banyak hal dibandingkan kisah di Manga-nya. Para pengkritisi sering membandingkan kisah ini dengan “Case Closed” – Detektif Conan – ( bukan dari tambahan aspek supernaturalnya ). Bukan hanya kritik buruk, namun juga beberapa pujian.

PLOT

scene of nougami

Neuro and Yako in episode 5

Katsuragi Yako adalah gadis SMA biasa berusia 16 tahun dengan kemampuan pencernaan yang luar biasa. Ayahnya ditemukan Tewas di ruang kerjanya dan dinyatakan polisi sebagai kasus bunuh diri. Misteri itulah yang mengundang kehadiran Neuro Nougami, setan pemakan misteri. Karena telah berhasil memakan seluruh misteri yang ada di dunia setan, dia memasuki dunia manusia untuk menyantap misteri yang diciptakan manusia (energi negatif yang diciptakan pelaku misteri dari rencana kriminalnya). Neuro tidak mau memperlihatkan keberadaannya sebagai setan di dunia manusia secara luas. Untuk itu dia menjadikan ‘Katsuragi Yako’ sebagai detektif SMA yang hebat, dan Neuro menyebut dirinya sebagai asisten setia sang detektif.

Setelah membantu memecahkan misteri sebuah agen finansial illegal (sekaligus mengusir mereka dari kantornya), Neuro dan Yako mendirikan agensi detektif mereka sendiri untuk mempermudah Neuro dalam memperoleh misteri sebagai santapannya.  Mereka menambah dua pegawai di agensinya. Ada Godai Shinobu, mantan anggota gangster (dan salah satu pegawai agensi finansial yang terusir sebelumnya) sebagai pekerja kasar. Juga ada Akane, kepangan rambut yang hidup karena kekuatan Neuro dari mayat yang di semen ke tembok kantor agensi, sebagai sekertaris.

Bersama partner kerja dari dunia atas (pihak kepolisian) maupun dunia bawah (dunia gangster), mereka memecahkan banyak misteri besar. Dimulai dari pembunuhan yang dilakukan aktris internasional, Hipnotis manusia elektronik, pencuri tanpa nama (X), serta sekelompok orang yang menyebut dirinya spesies baru yang dipimpin sosok dengan nama sandi ‘Six’.

My Mind

17

Neuro and Yako funny scene

Penggemar cerita shounen dan kisah detektif (seperti saya :D) jelas akan tertarik untuk mengikuti kisah ini.

Jika dilihat dari sudut pandang kisah detektif, walaupun disandingkan dengan cerita supernatural, Yusei Matsui sensei mampu memisahkan unsur dua genre tersebut secara teliti. Jadi, walaupun Neuro menggunakan alat-alat supernaturalnya dalam mencari petunjuk, petunjuk yang didapat tetap bisa dipikirkan secara logika. Pembaca tetap bisa mengikuti adegan analisis kasus secara logis.

Selain itu, Tokoh Neuro digambarkan sebagai tokoh yang sadis dan mengesalkan. Karakter itulah yang sangat sering dijadikan bahan komedi yang cukup mengocok perut pembaca. Namun disisi lain, tingkat sadistis dalam Manga ini juga cukup tinggi. Mungkin hal ini akan mampu membuat pembaca dengan tingkat imajinasi tinggi merasa cukup merinding.

Namun ada beberapa yang cukup di sayangkan dari series ini. Yusei Matsui sensei menggambarkan beberapa adegan penemuan sosok mayat secara berlebihan. Memang mungkin hal itu diharapkan akan menambah imajinasi pembaca, tapi akhirnya terkesan tidak cocok sebagai ilustrasi kisah detektif. Selain itu, motif yang dilakukan pelaku kriminal sering terkesan tidak masuk akal. Dan akhirnya sosok pelaku kriminal tersebut digambarkan menjadi makhluk aneh yang justru akan membuat serial ini terasa agak aneh di mata pembaca.

Terus terang saya selalu speechless saat membaca/menonton bagian akhir analisa kasus. Kadang di beberapa adegan tersebut, saya lebih memilih melewatinya langsung

Selain itu, jika dilihat dari sudut pandang serial detektif, Yusei Matsui sensei kurang memberikan petunjuk yang cukup untuk diobservasi pembaca. Jadi pembaca tidak bisa ikut menganalisa secara menyeluruh. Dan Neuro akan menjelaskan seluruh analisanya sambil menujukkan petunjuk-petunjuk yang tidak dipaparkan sebelumnya.

Cukup wajar jika Anime “Majin Tantei Nougami Neuro” ini tidak sepopuler Manga-nya. Jika kita sudah membaca Manga-nya terlebih dahulu, kemungkinan besar kita akan merasa kecewa saat menonton Anime-nya. Banyak kasus menarik dari Manga yang justru tidak di munculkan di Anime. Bahkan ada kasus yang justru tidak tayang seutuh cerita di Manga-nya.  Bisa dibilang, Animenya dibuat jauh lebih singkat dari di Manga. Walaupun ada beberapa kasus yang muncul di Anime tanpa ada di Manga.

Tapi sebagai penggemar cerita Shounen dan misteri, saya merekomendasikan serial “Majin Tantei Nougami Neuro” untuk dinikmati pembaca. (berani jamin anda tidak akan berhenti tertawa sampai cerita bagian akhirnya dimulai :D)

source:

http://myanimelist.net/anime/2985/Majin_Tantei_Nougami_Neuro
http://en.wikipedia.org/wiki/Majin_Tantei_N%C5%8Dgami_Neuro

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada September 23, 2013 in Someone on Anime and Manga

 

2 responses to “Majin Tantei Nougami Neuro

  1. youdavinci

    September 24, 2013 at 10:18 AM

    wah..kayaknya seru nih manga, perpaduan cerita detektif & karakter tokoh utama dari dunia lain tambah jadi bikin penasaran baca komiknya… hehee

     
    • detectassistant

      Oktober 3, 2013 at 7:53 PM

      siap2 nguakak gara kesadisannya..

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
KomuniKata

Materi Kuliah Ilmu Komunikasi

Hobby Buku's Classic

manusia hanya mampu mencari kebenaran, bukan menentukannya

%d blogger menyukai ini: