RSS

Sherlock TV Series

16 Sep

Yah.. baru menemukan sesuatu yang menarik di toko dvd bajakan😛..

Karena baru menemukannya, saya akhirnya juga baru bisa mengulasnya sekarang (bisa dibilang sudah cukup jauh ketinggalan, sih).

Oke.. here we go..

Sherlock TV series

sherlock_series_tv_poster_by_marrakchi-d5bcpfa

Sherlock adalah drama criminal British yang diadaptasi dari novel Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle. Dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Sherlock Holmes dan Martin Freeman sebagai John Watson. Series produksi BBC ini  Diciptakan oleh Steven Moffat dan Mark Gatis (yang juga ambil peran sebagai Mycroft Holmes).

Series pertama yang berdurasi 90 menit tiap episodenya ini disiarkan oleh BBC One dan BBC HD di tahun 2010. Kritik yang masuk selalu positif dengan beberapa review tentang kualitas penulisan naskah dan penampilannya. Sherlock sudah dinominasikan di beberapa award ajang penganugerahan termasuk BAFTAs dan Emmy. Di UK, 6 episode tersebut sudah rilis dalam bentuk DVD dan Blue-ray Disc. (saya hanya mampu dapat yg bajakan :P)

Series ini sudah diproduksi sebanyak enam episode sejak tahun 2010 (sekali lagi sebagai catatan, saya baru nemu series ini). Terhitung, series ini hanya diproduksi 3 episode dalam satu season sekaligus dalam satu tahun. Dan tahun ini, season 3 sedang dalam proses produksi. Belum ada informasi kapan pastinya season 3 akan di tayangkan.

 

Plot

Sherlock Holmes versi masa kini. Masih tetap tinggal di Baker Street 221B London,  namun tanpa ditemani cerutu khasnya (karena rokok sudah dilarang di Inggris). Masih bersama sahabat karibnya Dr.John Watson, tapi juga memanfaatkan iphone, website dalam penyelidikannya. Dr.John Watson juga tetap menulis kisah-kisah sahabatnya itu, hanya saja melalui blog dan internet.

adegan Sherlok tanpa pakaian saat akan menemui anggota kerajaan

adegan Sherlok tanpa pakaian saat akan menemui anggota kerajaan

Cerita utama seriesnya tidak berbeda dari novelnya. Dimulai dengan episode pertama berjudul “Study in Pink”. John, (diseries ini, kedua tokoh dipanggil dengan nama depannya) seseorang yang baru kembali dari pelayanan militer di Afghanistan, diperkenalkan oleh kenalan lamanya, Stamford, kepada Sherlock sebagai orang yang sama-sama butuh tempat tinggal murah dan nyaman. Sherlock adalah seorang “Detektif konsultan” yang membantu Metropolitan Police Service (New Scotland Yard) terutama kepada inspektur Greg Lestrade (diperankan oleh Rupert Graves) dalam mengusut kasus kriminal. kedua sahabat itu akhirnya bekerja sama dalam mengungkap kasus kejahatan.

Walaupun kasus yang diciptakan diseries ini berlandaskan beberapa kisah kasus yang di pilih dari novel, detil dan jalan kisahnya berbeda. Untuk itu, Ada beberapa tokoh rekaan baru seperti Molly Hooper (yang diperankan Louise Brealey), yang membantu Sherlock di Laboraturium. Meskipun begitu, konflik Holmes dengan prof. James Moriarty tetap dihadirkan dengan munculnya karakter Jim Moriarty (diperankan oleh Andrew Scott). Dengan kehadirannya, Sherlock terpaksa harus bunuh diri di episode “ The Reichenbach Fall” (episode ketiga season 2) dengan jatuh dari gedung rumah sakit ST.Bartholomew. (berlandaskan pada kisah the final problem).

Jika penggemar Sherlock Holmes ingat, Holmes hadir kembali di kisah “the adventure of the empty house” setelah di kisah sebelumnya telah jatuh ke dalam air terjun Reichenbach bersama prof. moriarty. Tentunya di season 3 Sherlock akan hadir kembali dengan trik yang masih dirahasiakan hingga penayangannya dimulai nantinya.

My Mind

is it nice not being me? It must be so relaxing” – Benedict Cumberbatch as Sherlock Holmes –

Seperti yang penggemar Sherlock Holmes ketahui, dimata orang awam Holmes akan dikenal sebagai orang yang menyebalkan dan aneh. Tidak berbeda dari yang ada di novel, Sherlock tidak segan melakukan hal gila saat bekerja juga saat sedang tidak bekerja. Menembaki tembok flat dengan revolver, menyimpan kepala manusia di kulkas, dan menjadikan tengkorak manusia sebagai “teman” sebelum John hadir, bahkan membuka rahasia hubungan seorang inspektur polisi dengan petugas forensik.

graphik animasi pesan singkat Jim Moriarty

grafik animasi pesan singkat Jim Moriarty

Karena dikisahkan dengan kehidupan modern, pengemasan kisah juga dikemas secara modern. Mulai dari adegan penggunaan komputer dan iphone oleh para tokoh, shoot kamera ke benda-benda petunjuk disertai grafis, serta gambaran pola pikir Sherlock yang dijadikan animasi sehingga mudah diikuti dan dipahami.

Selain itu, yang membuat saya terkesan adalah, walaupun mengadaptasi dari kisah Sherlock Holmes di novelnya, Sherlock series tidak membuat kisah yang persis sama. Steven Moffat dan Mark Gattis tetap mampu menghidupkan tokoh-tokoh di novel dan mengadaptasikan mereka di zaman yang berbeda.

Cukup disayangkan mengetahui series ini hanya dibuat tiga episode tiap seasonnya. Dan sekarang penggemar Sherlock Holmes harus bersabar menantikan season ketiganya. Akan jadi menarik jika kita mencoba menerka bagaimana Sherlock memalsukan kematiannya.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada September 16, 2013 in Uncategorized

 

2 responses to “Sherlock TV Series

  1. brian

    September 16, 2013 at 9:53 PM

    ini kenapa shelocknya jadi pemuda ya ?

     
    • detectassistant

      September 18, 2013 at 9:56 AM

      sherlock holmes di jaman modern.. menurut anda sebenarnya umur Holmes itu seberapa?😀

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
KomuniKata

Materi Kuliah Ilmu Komunikasi

Hobby Buku's Classic

manusia hanya mampu mencari kebenaran, bukan menentukannya

%d blogger menyukai ini: