RSS

Kogoro Akechi

16 Jan

Akechi Kogoro(kanan) vs Kindaichi Kousuke

Kogoro Akechi adalah tokoh fiksi karya penulis misteri asal jepang Edogawa Rampo.

Dia muncul pertama kali pada cerita “The D Slope Murder case” (1925) dan terus muncul hingga seperempat abad. Edogawa Ranpo dijuluki sebagai bapak cerita detektif jepang sekaligus pengagum berat Sir Arthur Conan Doyle. Akechi juga menjadi detektif fiksi pertama di Jepang yang juga terinspirasi dari tokoh Sherlock Holmes.

Seperti Holmes, Akechi adalah detektif brilian nan eksentrik yang biasa dimintai bantuan oleh para polisi dalam menangani kasus sulit. Punya keahlian dalam judo dan jenius dalam menangani kasus yang mustahil sekalipun. Sama seperti Holmes (juga), Akechi membuat grup anak laki-laki untuk memperoleh informasi. Versi “Baker Street Irregular” dia ubah dengan nama Boy Detective Club”.

Kogoro Akechi adalah pria tinggi, tampan dengan alis mata yang tebal dan tertata rapi. Dia menikah dengan wanita bernama Fumiyo dan mengadopsi seorang anak laki-laki bernama Yoshio Kobayasi yang sekaligus menjadi ketua dari the boy detectives club

Cerita Akechi sendiri berkisah tentang detektif dari kota besar Tokyo, namun kadang juga bekerja didaerah pinggiran. Ceritanya sering kali diwarnai dengan kisah supernatural.

Akechi telah menjadi inspirasi di kebudayaan modern Jepang. Sudah ada beberapa film yang dikaryakan berdasarkan petualangannya, beberapa diantaranya mengadu kekuatan Akechi melawan tokoh fiksi lain seperti Arsene Lupin.

Akechi telah berhasil menjadi tokoh inspirasi si kebudayaan jepang modern. Sudah ada beberapa film yang dibuat berdasarkan petualangannya, beberapa diantaranya membuatnya bertarung melawan tokoh fiksi lainnya Arsene Lupin. Akechi telah muncul sebagai karakter di anime series Lupin III dan sudah dianggap sebagai tokoh fiksi terhebat di Jepang. Kemungkinan dia juga sudah terkenal di wilayah barat melalui filmnya tahun 1994 yaitu The Mystery of Rampo.

Film lainnya yang dibintagi oleh Akechi, adalah film tahun 1968 yaitu Black Lizard (aka Kurotokage). Filmnya diadaptasi dari novel Rampo yang ditulis oleh penulis Yukio Mishima, yang juga muncul secara singkat di Filmnya. Kisah ini menceritakan tentang pertarungan sang detektif melawan wanita ahli pengendali pikiran yang biasa disebut the Black Lizard yang diperankan oleh aktor (banci) Akihiro Maruyama. Film ini juga mempertimbangkan kapasitas hal-hal aneh ya ng masuk ke filmnya sendiri (bisa dibilang skenarionya terlalu berlebihan) namun film ini tetap punya penggemar setia dan banyak pujian.

Gambaran modernnya, bisa kita dapatkan dari anime televisi populer di Jepang Detective Conan, pada tokoh Kogoro Mouri. Tokoh berani, keras kepala, dan detektif yang payah (hampir semuanya bersifat menyindir Akechi). Dia mampu memecahkan banyak kasus karena dibantu oleh karakter utamanya Conan Edogawa (rasanya ga perlu dijelasin). Gambaran Akechi lainnya bisa dilihat di TV series (termasuk tokoh antagonis tanpa sifat sadis) Kid The Phantom Theif, Akechi references can be seen in the TV series’ inclusion of a non-violent antagonist, the Phantom Thief (Kaitou Kid), pencuri, sekaligus master penyamaran yang mencuri barang-barang bernilai tinggi hanya untuk menunjukkan kebolehannya. Sudah menjadi hal umum bahwa tokoh Kid ini adalah karya Gosho Aoyama, sebelum detektif conan sendiri. Berdasarkan kisah Akechi (juga), di seri Detektif Conan, ada sekelompok anak kecil (teman-temannya Conan) menyebut diri mereka “Detective Boys” (sebagai tambahan, tidak ada yang menyuruh mereka untuk membentuk grup ini)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 16, 2010 in someone On Novel

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
KomuniKata

Materi Kuliah Ilmu Komunikasi

Hobby Buku's Classic

manusia hanya mampu mencari kebenaran, bukan menentukannya

%d blogger menyukai ini: